- Kategori (Categories)
Sebelum jauh saya membahas, ada baiknya saya menjelaskan sedikit tentang beberapa tombol yang "hampir" selalu ada disetiap halaman back-end ini. Jadi, mari kita mengenalnya terlebih dahulu kegunaan setiap tombol yang ada.
- Lihat pada gambar 45. No 1 adalah tombol yang berada di sisi atas kanan yang berfungsi di antaranya seperti; tambah baru (Add New), salin (Copy), hapus/buang (Delete), memperbaiki/membangun kembali (Rebuild), segarkan (Refresh), bersihkan (Clear), dsb. Fungsinya masing-masing disesuaikan dengan ikon dan keterangan pada ikon tombol tersebut.
Sedangkan pada No 2 adalah tombol yang selalu ada pada baris daftar dari halaman yang dituju. Fungsinya juga sama disesuaikan dengan ikon dan keterangan pada ikon tombol tersebut.
Gambar 45. Kategori Desktops pada daftar kategori
- Lihat pada gambar 46. No 3 adalah teks untuk memberitahukan bahwa pada saat ini kita sedang dalam halaman baru atau sedang dalam halaman perubahan. Maksudnya adalah, jika Anda membuat halaman baru dengan klik tombol tambah baru (Add New), maka teks tersebut akan ditampilkan adalah Add dan juga pada link di pramban Anda tidak akan ada penambahan link dan jika Anda sedang mengubah atau memperbarui suatu halaman, maka teks tersebut akan menjadi Edit sedangkan pada link pramban Anda akan ada tambahan link, contoh;
&category_id=20(Lihat gambar 47).
- Masih pada gambar 46. No 4 adalah tab-tab yang berfungsi untuk mewakili setiap kolom untuk dilengkapi. Setiap pembuatan baru atau pada saat merubah suatu halaman, maka pada saat Anda berada di dalam halaman formulir Anda akan selalu menemukan tab "General", pada umumnya tab tersebut berisi judul halaman, atau nama. Untuk hal ini Anda bisa coba mengeksplor sendiri untuk mencari tahu (sebagai saran; ikuti terlebih dahulu contoh bawaan yang ada).
- Sedangkan pada gambar 46. No 5 adalah tab untuk memberitahukan kepada Anda bahwa lokasi bahasa yang sedang Anda isi/input. Jika Anda menggunakan lebih dari 1 bahasa pada toko Anda, maka pada tab ini akan menampilkan beberapa bahasa seuai bahasa yang Anda tambahkan sebelumnya. Sedangkan jika tidak ada tab bahasa seperti no 5, itu berarti Anda tidak perlu menggunakan multi bahasa.
- Dan terakhir untuk penjelasan mengenai tombol-tombol pada back-end Opencart, Anda lihat gambar 48. No 6 adalah tombol yang juga sama seperti yang sudah dijelaskan pada poin (a) no 1. Di setiap halaman isian/input data, maka akan selalu ada tombol Save/Cancel yang artinya, menyimpan atau membatalkan hasil inputan yang telah Anda buat.
Baiklah, sekarang mari kita lanjutkan dengan penjelasan kolom-kolom dari menu Categories ini sekarang. Setelah tadi kita coba masuk pada salah satu kategori yaitu kategori Desktops. Dan saya akan mulai menjelaskan dari kolom pertama.
Perhatikan pada tab General ada beberapa kolom yaitu;
- Category Name adalah kolom untuk nama kategori atau judul
halaman (front-end) kategori Anda. Tapi ingat, ini bukan judul
yang akan ditampilkan pada tab peramban Anda!.
- Description adalah kolom untuk mendeskripsikan atau catatan
untuk kategori Anda.
- Meta Tag Title adalah kolom yang sama seperti kolom pertama.
Perbedaannya adalah nilai (value) pada kolom ini yang ditampilkan
pada tab peramban Anda. Cobalah tambahkan nama toko dibelakang nama
kategori. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.
Gambar 50. Tampilan tab peramban
sebelum ditambahkan nama toko pada kolom Meta Tag Title
Gambar 51. Tambahkan nama toko pada
kolom Meta Tag Title
Gambar 52. Tampilan tab peramban
setelah ditambahkan nama toko pada kolom Meta Tag Title
- Meta Tag Description adalah kolom deskripsi untuk halaman front-end Anda. Bagi Anda yang suka bermain dengan SEO pastinya sangat familiar dengan meta tag ini, dan penting diketahui bahwa Anda harus selalu mengisi kolom ini dengan deskripsi kalimat yang berbeda-beda dengan halaman lainnya. Karena ini yang akan ditampilkan juga pada mesin pencari. Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini.
Gambar 53. Mesin pencari dengan kata kunci Opencart
Perhatikan pada garis berwarna hijau itu adalah Meta Tag Title yang kita buat. Seperti apa nilainya (value) itulah yang akan dihasilkan oleh mesin pencari.
Sedangkan untuk garis berwarna biru itulah yang dimaksud dengan Meta Tag Description. Dan Opencart memberikan deskripsi yang berbeda-beda pada setiap halaman, sehingga setiap deskripsi yang ditampilkan oleh mesin pencari juga berbeda-beda (lihat kedua garis biru, masing-masing memiliki deskripsi yang berbeda).
- Meta Tag Keywords adalah kolom favorit bagi Anda yang ingin
meningkatkan SEO, Anda bisa memulai terlebih dahulu dengan teknik organik.
Melalui kolom inilah Anda harus banyak memberikan nilai atau kata kunci
untuk mesin pencari agar bisa menemukan toko online Anda. Secara organik,
jika Anda pintar untuk memberikan kata kunci yang tepat, maka dengan
sendirinya mesin pencari akan menampilkan posisi toko online Anda pada
peringkat atas.
Saat ini kita masuk pada pembahasan untuk tab Data.
Tab ini berisi beberapa kolom yang sama seperti kolom-kolom sebelumnya yang
artinya Anda hanya perlu melengkapinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam hal
ini, silahkan Anda mengeksplornya sendiri sesuai dengan contoh bawaan dari
Opencart. Jika ada pertanyaan lanjutan mengenai hal ini bisa ditanyakan
langsung melalui kolom komentar di bawah.
Gambar 54. Tampilan tab Data pada
halaman input Categories
Sama halnya dengan tab-tab yang lainnya, setiap kolom
disesuaikan dengan keinginan, dan kita tidak membahas lebih jauh mengenai hal
ini di sini, karena secara umum, tentunya kolom-kolom pada tab seperti SEO
dan Design itu ikuti seperti bawaan default Opencart
saja. Maksudnya adalah ikuti sesuai contoh yang artinya kolom SEO itu harus
sama dengan kolom pertama pada tab General, karena jika Anda ingin
situs Anda ditampilkan dalam tampilan SEF (Search Engine Friendly) pada link situs/toko
online Anda. Maka isilah sesuai dengan contoh yang ada. Anda akan mengerti
dengan sendirinya apabila Anda sudah mulai mempublikasikan toko Anda secara
daring (online). Mungkin pada artikel lainnya akan saya jelaskan lebih
detail mengenai hal ini.
2.
Filter (Filters)
Ini
adalah opsional, tetapi perlu dicatat bahwa fitur ini digunakan untuk
mengelompokkan produk yang ditunjuk. Fitur ini memberi pemilik toko dengan
kontrol/kendali yang lebih besar atas produk apa yang dilihat oleh pelanggan
Anda, kurang lebih ini adalah fitur penyaring produk, dibandingkan dengan opsi
pencarian OpenCart.
3.
Atribut (Attributes)
Setiap
produk memiliki beberapa kategori atribut atau bisa dikatakan sebagai
spesifikasi, OpenCart memberi Anda pilihan untuk menambahkan atribut tersebut.
Fitur ini tentunya akan memberikan tampilan produk yang lebih baik.
Sebagai
contoh, sistem komputer memiliki beberapa spesifikasi seperti prosesor,
RAM, hard disk drive, ukuran layar, graphics card, dan
sebagainya.
4.
Produsen / Merek Dagang (Manufacturers)
Produsen
Produk terdaftar dapat ditambahkan di sini. Terkadang, perlu memiliki detail
Produsen untuk penjelasan Produk yang Anda jual.
Baik,
sekarang kita lanjut pada pembahasan menu Products.
5.
Produk (Products)
Menambahkan
produk adalah pekerjaan yang sedikit rumit, karena memerlukan beberapa
manipulasi fitur di atas, seperti filter, atribut (attributes), opsi (option),
dan produsen/merek dagang (Manufacturer) dan lainnya. Ada juga beberapa
tab dalam bentuk yang perlu dipahami.
Gambar 55. Tampilan halaman input
Products
1.
General
Tab
ini termasuk Nama Produk, Deskripsi, Meta Tag & Tag Produk seperti yang
sudah saya jelaskan di atas.
Catatan: Ingat!
Anda harus menambahkan input untuk bahasa lain jika situs Anda
menggunakan multibahasa.
2.
Data
Tab
ini mencakup informasi dasar, seperti kode produk, SKU, kode-kode lainnya,
jumlah stok, status persediaan, dan input umum lainnya untuk perincian sebuah
produk.
3.
Links
Tab
ini berisi link ke informasi lainnya. Seperti yang dibahas di
atas, kita telah membuat kategori, produsen, filter, dll. link dikaitkan
dengan produk dengan bantuan pada tab ini.
4.
Attributes
Tab
ini berisi daftar atribut. Saya telah membahas tentang atribut produk. Pemilik
toko dapat menambahkan beberapa atribut ke suatu produk sebagai spesifikasi.
Untuk tampilan pada penambahan atribut pada produk, lihat gambar di bawah ini.
Gambar 56. Tampilan tab Attributes pada
halaman input Products
5.
Options
Sudah
ada beberapa opsi yang tersedia di OpenCart, tetapi Anda juga dapat menentukan
Opsi Anda sendiri pada tab ini. Tab ini pada dasarnya untuk memberikan opsi
terhadap suatu produk. Misalnya, untuk telepon seluler, Anda dapat memberikan
pilihan warna atau pilihan lainnya seperti gambar di bawah.
Gambar 57. Tampilan tab Options pada
halaman input Products
Dan saat mengunjungi front-end, pelanggan akan
dapat melihat opsi pada produk seperti gambar di bawah ini:

Gambar 58. Tampilan front-end pada
halaman back-end produk toko online Anda
6.
Recurring
Tab
ini adalah tab yang berfungsi kurang lebih sebagai pengguna yang diijinkan
untuk bisa mendapatkan pembayaran secara cicilan, namun sebelumnya Anda harus
terlebih dahulu menentukan pengguna mana yang Anda ijinkan untuk bisa
mendapatkan cicilan ini. Ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki toko online
sebagai produsen yang memiliki beberapa distributor atau pelanggan spesial.
Anda bisa menentukan terlebih dahulu pengguna ini dan membuat
profil baru di menu Recurring Profiles.
7.
Discount
Jika
pemilik toko ingin memberikan diskon pada pembelian dengan jumlah produk
tertentu dalam tanggal yang ditentukan, Anda bisa membuatnya pada tab ini.
Secara garis besar ini juga bisa digunakan sebagai penjualan grosir.
.jpg)
Gambar 59. Tampilan tab Discount pada
halaman input Products
8.
Special
Tab
ini hampir sama dengan tab Discount jika pemilik toko ingin
memberikan harga spesial atau potongan harga produk tertentu dalam tanggal yang
ditentukan, Anda bisa membuatnya pada tab ini. Perbedaan dengan tab Discount adalah
tab ini tidak menentukan jumlah minimal atau maksimal pembelian baru
mendapatkan potongan harga.
.jpg)
Gambar 60. Tampilan tab Special pada
halaman input Products
9.
Image
Tab
ini berisi kolom untuk menampilkan gambar produk Anda dan juga gambar tambahan
pada produk yang Anda jual.
10.
Rewards Points
Beberapa
pemilik toko memberikan poin khusus kepada pelanggan mereka untuk pembelian
produk. Poin yang dihargai juga disebut sebagai poin loyalitas. Pemilik dapat
menentukan Poin Hadiah untuk produk pada tab ini.
Sisanya untuk tab SEO dan tab Design sudah
saya jelaskan di atas.
6.
Ulasan (Reviews)
Pelanggan
memberikan ulasan umpan balik tentang produk Anda, ulasan tersebut akan
tercantum di menu ini. Namun, Anda juga dapat memberikan ulasan secara manual
pada produk yang Anda jual melalui menu ini.
7.
Informasi (Information)
OpenCart
cukup sederhana dan bersih. Dan memiliki semua opsi yang dibangun sebelumnya
yang berguna untuk mengembangkan sebuah toko online; namun, ini juga Sistem
Manajemen Konten, yang memungkinkan Anda menambahkan konten secara kustom.
OpenCart telah menyediakan beberapa konten out-of-the-box seperti "Tentang Kami (About Us", "Syarat & Ketentuan (Terms & Conditions)" dan "Kebijakan Privasi (Privacy Policy)" dll. Anda juga dapat menulis konten Anda sendiri pada menu ini.
Gambar 61. Tampilan halaman Information pada back-end
Gambar 62. Tampilan navigasi link Information pada
halaman front-end
Kesimpulan
Kita sudah selesai dengan
pembelajaran pada panel administrator. Namun, seperti yang telah
saya nyatakan pada artikel sebelumnya, motivasi utama sepanjang seri ini adalah
memastikan bahwa kita memiliki pemahaman yang kuat tentang sistem ini.
Untuk itu, kita akan mulai berfokus
pada aspek pengembangan OpenCart di beberapa artikel berikutnya. Sampai saat
itu, jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan atau komentar tentang artikel ini
melalui formulir komentar di bawah ini.
























0 komentar:
Post a Comment